1). Plag War
Sasaran : Perkenalan melalui permainan
Meningkatkan kepercayaan diri
Pembinaan kesatuan kelompok
Inti
Briefing : Peserta kumpul setengah lingkaran :
- Peserta diminta membentuk kelompok sejumlah 10 orang, diserta salah satu lagu wajib
- Masing-masing kelompok memilih seorang perwakilan (menjadi ketua
kelompok) yang diberi tugas untuk membuat bendera kelompok dengan
memilih nama-nama hewan yang perkasa (Harimau, Singa, Serigala, dll)
kemudian dituangkan dalam bentuk lukisan pada bendera yang tersedia.
- Setelah lukisan selesai masing-masing kelompok mempresentasikan lambang-lambang keperkasaan bendera tersebut
- Masing-masing kelompok harus mempertehankan lambang-lambang keperkasaannya dari serangan (ejekan) kelompok lain
- Setelah presentasi masing-masing kelompok membuat yel-yel yang seirama dengan lambang keperkasaannya.
Debrief : Apa yang saudara rasakan setelah melakukan permainan ini.
Manfaat apa yang saudara peroleh dalam permainan ini.
Apa yang dapat saudara kembangkan (modifikasi) dari permainan ini.
Selamat mencoba…….. (sumber Pusdiklatnas)
2). Goa Gelap (The Dark Cave)
Sasaran : Melatih ketelitian dan kepekaan
Menentukan sumber informasi yang akurat
Kerjasama
Saling menghargai
Breafing :
- Saudara dipersilahkan memilih teman (pasangan baru) dalam kelompok ini.
- Semua pasangan baru anda dalam keadaan mata tertutup (ditutup scaft/ syal/ kacu)
- Didepan saudara nampak semak belukar yang harus saudara lalui, dan
diantara semak-semak tersebut terdapat ranjau-ranjau yang tidak boleh
saudara injak, siapapun yang menginjak berarti terkena ranjau sehingga
saudara dikenakan diskualifikasi yakni mengulang dari awal kembali.
- Saudara memandu teman baru anda yang matanya terutup,diujung tempat start.
- Pasangan anda diminta melewati semak belukar yang ada di depan anda dengan panduan yang anda berikan.
- Setelah mencapai finish, maka pemandu menjadi si pelaku yang matanya tertutup.
Debrief : Apa yang saudara rasakan setelah melakukan permainan ini.
Apakah saudara benar-benar mengenal suara sahabat (pasangan saudara)?
Coba saudara diskusikan manfaat apa yang saudara peroleh dalam permainan ini.
Apa saudara kembangkan (modifikasi) dari permainan ini.
Selamat mencoba…….. (sumber Pusdiklatnas)
3). Rawa Beracun (The Poisinous Swamp)
Sasaran : Team work/kerjasama
Melatih pengendalian diri
Kepemimpinan
Briefing :
- Di depan saudara terbentang rawa yang penuh racun.
- Tugas saudara melewati rawa dengan alat berupa 4 balok atau ban mobil bekas
- Saudara tidak boleh keluar dari balok-balok tersebut, kalau saudara
keluar Saudara di kenakan sangsi atau didiskulifikasi dan saudara harus
mengulang kembali, dari tempat start.
- Diskusikan pada seluruh anggota team anda jalan terbaik agar tidak terkena diskualifikasi.
Debrief :
- Apa yang saudara rasakan setelah melakukan permainan ini.
- Apa yang anda tertawakan? kekurangan diri sendiri ?
- Apa yang bisa dibanggakan? keberhasilan sendiri atau keberhasilan kelompok ?
- Coba saudara diskusikan manfaat apa yang saudara peroleh dalam permainan ini.
- Apa yang dapat saudara kembangkan (modifikasi) dari permainan ini.
Selamat mencoba……. (sumber Pusdiklatnas)
4). Traffic Jam
Sasaran : Melatih mentaati aturan yang telah disepakati
Kerjasama/ team work
Melatih ketelitian
Mengevaluasi sifat peserta (sifat ego, senang ikut campur urusan orang,
tidak taat aturan, selalu ingin mencari jalan pintas, biang kerok).
Breafing :
- Kelompo dibagi 2 bagian, dan salah seorang dari kelompok tersebut
bertindak sebagai komandan (ada dua kelompok ada dua komandan).
- Di hadapan saudara ada dua buah jalur berbentuk kotak-kotak seperti
dua tangga yang ditidurkan.Tugas kelompok adalah melewati dua jalur
petak-petak tersebut.
- Syaratnya masing-masing jalur tidak boleh ditempati sejajar. &
tidak diperkenankan menempati kota yang disebelahnya yang sudah terisi)
kecuali di tempat persinggahan.
- Diskusikan dalam kelompok saudara dan pikirkan dengn seksama agar tugas dapat berjalan dengan lancar.
Debrief :
- Apa yang saudara rasakan setelah melakukan permainan ini.
- Diskusikan dalam kelompok manfaat apa yang dapat diambil dari permainan ini.
- Siapa diantara teman saudara yang anda anggap paling menyebalkan dalam melakukan permainan ini.
- Siapa diantara teman saudara yang anda anggap paling berjasa dalam menyukseskan permainan ini.
Selamat mencoba ….. (sumber Pusdiklatnas)
5). Spider Web
Sasaran :
Team Building
Melatih kepemimpinan (bisa diatur, dan bisa mengatur)
Melatih management sumber daya
Melatih menentukan strategi yang paling tepat melalui kondisi dan situasi yang ada
Breafing :
- Di depan kita ada sebuah jaring laba-laba raksasa. Tugas kelompok
saudara adalah memasukkan semua anggota regu saudara ke dalam jaring
tersebut.
- (perlu diingat) masing-masing tali laba-laba tersebut beracun sehingga tidak boleh tersentuh.
- Satu lubang hanya boleh dilewati oleh satu orang dan orang berikutnya harus menggunakan lubang lainnya.
- Diberi kesempatan untuk mendiskusikan jalan terbaik agar tidak terkena diskualifikasi.
Debrief :
- Apa yang saudara rasakan setelah melakukan permainan ini.
- Manfaat apa yang saudara peroleh dalam permainan ini.
- Faktor apa yang menyebabkan anda berhasil dalam permainan ini.
- Faktor apa yang memungkinkan anda gagal dalam permainan ini.
- Apa yang dapat saudara kembangkan (modifikasi) dari permainan ini.
Selamat mencoba…. (sumber Pusdiklatnas)
6). Memindahkan Bendera
Sasaran :
Team Work
Terbentuknya rasa senasib seperjuangan
Pemecahan masalah
Komitmen terhadap aturan yang ditetapkan
Breafing :
- Team saudara terjebak dalam suatu masalah besar karena team
saudaratidak bisa lewat, kalau team anda tidak dapat membuka kunci pintu
dengan cara memindahkan bendera.
- Untuk pekerjaan tersebut saudara disediakan satu tiang (bambu/ kayu) bendera dan satu tongkat dari bambu.
- Team saudara dipersilahkan mengangkat bendera dan mendirikannya di atas bambu seterusnya memasukkannya ke dalam lobang kunci.
- Sekarang team anda diberi kesempatan untuk mendiskusikan jalan terbaik agar tidak terkena diskualifikasi.
Debrief :
- Apa yang saudara rasakan setelah melakukan permainan ini.
- Kesulitan apa yang terjadi dengan team anda.
- Coba saudara diskusikan manfaat apa yang saudara peroleh dalam permainan ini.
- Apa yang dapat saudara kembangkan (modifikasi) dari permainan ini.
Selamat mencoba…… (sumber Pusdiklatnas)
7). The Punture Pipe (Pipa Bocor)
Sasaran :
Kesetiakawanan sosial
Kerjasama
Kecepatan bergerak
Mematuhi perintah
Pemecahan masalah
Breafing :
- Pasukan/regu saudara dihadapkan suatu masalah, karena anda harus
mengambil sebuah mustika,tetapi mustika tersebut berada di dalam sebuag
tabung, dan saudara harus dapat mengeluarkan mustika tersebut.
- Saudara dibantu dengan air yang sangat terbatas, untuk mengeluarkan mustika tersebut dari dalam tabung.
- Tetapi masalahnya pipa tersebut penuh dengan lubang-lubang,oleh karena
itu tim saudara kalau mau sukses harus diatur sedemikian rupa sehingga
bisa menutup semua lubang.
- Sekarang tim saudara diberi kesempatan untuk mendiskusikan jalan
terbaik agar team anda mendapatkan mustika yang ada dalam pipa tersebut.
Debrief :
- Apa yang saudara rasakan setelah melakukan permainan ini.
- Apakah anda harus basah untuk melakukan permainan ini?
- Bagaimana caranya supaya air yang disediakan cukup buat team anda?
- Manfaat apa yang saudara peroleh dalam permainan ini.
- Apa yang dapat saudara kembangkan (modifikasi) dari permainan ini.
Selamat mencoba….. (sumber Pusdiklatnas)
8). Hole In One
Pengantar :
- Bermain dengan formasi lingkaran, bergandeng tangan dengan erat dan tiap anggota diberi nomor ganjil dan genap.
- Proses permainan dimulai dengan panggilan Gepan dan Ganjil menjatuhkan
diri ke depan bertumpu pada ujung jari kaki dan kelompok Genap
kebelakang bertumpu pada tumit.
- Sebaliknya bila fasilitator mengatakan Genap maka kelompok Genap
menjatuhkan diri ke depan bertumpu pada ujung jari kaki dan kelompok
Ganjil mencondongkan diri ke belakang bertumpu pada tumit.
Breafing :
- Dihadapan saudara ada Ban yang tergantung, kuranblebih setinggi bahu orang dewasa.
- Tugas kelompok saudara adalah melewati lobang tersebut dengan tidak
menyentuh ban, kecuali pemain yang pertama dan yang terakhir.
- Diskusikan dalam kelompok saudara agar semua anggota kelompok saudara
selamat sehingga dapat melewati ban-ban tersebut dengan baik.
- Dalam melakukan tugas semua anggota kelompok harus memperhatikan faktor keamanan.
Debrief :
- Apa yang saudara rasakan setelah melakukan permainan ini.
- Siapa diantara saudara yang badannya tersentuh ban ? kenapa ?
- Siapa yang lolos tanpa mengulang.
- Manfaat apa yang dapat diambil dari permainan ini.
Selamat mencoba…. (sumber Pusdiklatnas)
9). Pindahan Kelereng
Sasaran :
- Melatih kejelian/ketepatan dalam menentukan cara menggerakan tugas.
- Melatih menciptakan pola-pola baru, tidak terpaku pola/cara yang sudah ada.
- Melatih mengambil keputusan yang paling tepat.
Inti
Breafing :
- Dihadapan saudara-saudara ada kelerang yang jumlahnya cukup banyak,
tugas saudara-saudara adalah memindahkan kelereng tersebut ke
tempat yang tersedia dengan tidak boleh menggunakan tangan ataupun
menyentuhnya.
Alat yang tersedia bebas digunakan. Alat yang ada di sutu sifatnya situasional.
Debrief :
- Apa yang saudara rasakan setelah melaksanakan permainan ini.
- Apa yang anda pikirkan untuk memindahkan kelereng tersebut? apakah sendok seperti ketika anda di SD?
- Apa yang anda temukan dalam permainan ini.
- Manfaat apa yang dapat anda ambil pada permainan ini.
Selamat mencoba… (sumber Pusdiklatnas)
10). Memasukkan Pencil Ke Dalam Botol
Sasaran:
Pemecahan masalah
Berani mencoba berbagai cara
Melatih kesabaran dan tahan uji
Menghargai dan berani mencoba pendapat orang lain walau ia dipandang rendah atau dianggap paling bodoh
Breafing :
- Dihadapan saudara-saudara ada satu buah pencil,satu buah botol (dalam
keadaan kosong dan dalam posisi roboh) dan dua tali rafia, kesemuannya
berada dalam suatu kotak berukuran 4 meter persegi
- Tugas saudara kelompok adalah memasukkan pencil ke dalam botol dengan
tali rafia yang dipegang dari ujung-ujungnya, sehingga pencil berada di
dalam botol, dan sang botol berada pada posisi berdiri.
Debrief :
- Apakah yang paling sulit dalam permainan ini?
- Bagaimana anda mengatasi kesulitan ini?
- Apa yang saudara-saudara rasakan setelah melakukan permainan ini?
- Diskusikan dalam kelompok,manfaat apa yang dapat diambil dari permainan ini.
0 komentar:
Posting Komentar