Kamis, 28 November 2013

KEWAJIBAN PRAMUKA SEBAGAI WARGA NEGARA DAN WARGA DUNIA.




Setiap Pramuka harus mempersiapkan diri untuk menjadi warga negara yang baik tanah airnya dan dunia.

Untuk itu, sejak muda kamu harus mulai dengan memandang semua anak-anak sebagai teman-temanmu. Ingatlah, kaya atau miskin, dari kota atau dari desa, kamu harus bekerja sama, bahu membahu, untuk tanah airmu. Jika rakyat terpecah belah, kamu merugikan bangsamu. Hilangkanlah perbedaan-perbedaan.

Jika kamu memandang rendah anak-anak lain, karena mereka itu berasal dari suatu keluarga yang lebih miskin daripada kamu, maka kamu adalah seorang yang sombong. Jika kamu membenci anak-anak lain, karena mereka kebetulan lebih kaya daripada kamu, maka pikiranmu tidak sehat.

Kita ini semua masing-masing harus menerima dengan baik, tempat kita di dunia ini, dan berusaha membuatnya sebaik-baiknya, serta berusaha berbaur dengan orang-orang lain yang ada di sekitar kita.

Kita ini dapat diumpakan bata-bata yang membentuk dinding; kita masing-masing mempunyai tempat tersendiri, meskipun kelihatan kecil pada dinding yang begitu luas. Andaikata satu bata saja remuk atau bergeser dari tempatnya, maka bata itu akan menggoyangkan bata-bata yang lain. Dinding mulai retak dan akhirnya robohlah dinding itu.

Janganlah kamu terlalu ingin memajukan dirimu sendiri saja. Kalau kamu mulai bersikap demikian, kamu akan kecewa berkepanjangan.

Bekerjalah untuk kepentingan tanah air atau untuk pekerjaan tempat kamu mencari nafkah. Maka akan ternyata, bahwa kalau kamu berbuat demikian, kamu akan mendapat segala kemajuan dan semua kesuksesan yang kamu harapkan.

Berusahalah dan persiapkan dirimi untuk masud itu, dengan jalan sungguh-sungguh mengerjakan apa yang diajarkan kepadamu di sekolah. Bukan karena hal itu membuat dirimu senang, tetapi karena memperbaiki diri merupakan kewajibanmu terhadap tanah airmu. Perhatikan pelajaran matematikamu, pelajaran sejarahmu, serta bahasamu. Dengan semangat itu, kamu akan maju.

Janganlah memikirkan dirimu sendiri, tetapi pikirkanlah tanah airmu dan manfaat pekerjaanmu bagi orang lain.

(pesan Baden Powell, pada cerita api unggun dalam scouting for boys).

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review